Sabtu, November 30, 2013

Resensi Novel DA


Judul                            : Dreamed Angel
Pengarang                    : Muhammad Ardiansha el-zhemary
Penerbit                       : Safirah
Tahun Terbit                : November 2012
Tebal Halaman            : 391 halaman
Ukuran Buku               : 14 x 20 cm
ISBN                          : 9786027724105


 2.      Pembukaan
Dreamed Angel adalah buku Novel karya Muhammad Ardiansha el-zhemary tahun 2012, yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang. Dimana tokoh utamaya adalah anak dari seorang pelacur yang sudah bertaubat dan ia pun mengikuti jejak ibunya menjadi seorang pelacur setelah di jebak oleh tantenya, namun karena setelah sebuah kejadian yang menimpa dirinya ia pun bertaubat.
            Muhammad Ardiansha el-zhemary adalah nama pena dari Muhammad Ardi Ansha. Sedangkan el-zhemary adalah embel-embel yang di ambil dari nama sang ayah, Sumari. Penulis yang hobi melamun ini dilahirkan di Bengkayang, Kalimantan Barat, pada 4 September 1992 .
            Novel ini adalah salah satu karya penulis disela-sela aktivitasnya sebagai mahasiswa disekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) jurusan pendidikan Matematika dan santri di Pondok Pesantren Darussalam .



 3.      Tema Cerita
Cerita tentang kisah seseorang yang hidupnya penuh cobaan.Tapi semuanya tertolong karena ada seorang tante yang menyelamatkannya. Tapi semua menjadi boomerang saat dia akan membalas budi jasa-jasanya.

 4.      Sinopsis
Adakah surga bagi seorang pelacur? pertanyaan itu mengusik hati Felisya, memang bukan kemauannya menjadi kupu-kupu malam. Tetapi, tante Mira yang merawatnya selama ini telah menjebaknya, hingga kesuciannya di renggut oleh Pak Fery.
Sejak saat itu Felisya menjadi pelacur kelas kakap yang dikenal sebagai Dramed Angel diperempatan mimpi. Sampai suatu ketika, seorang pemuda kaya bernama Raziv mem-booking-nya. Namun, Raziv justru meninggalkan Felisya di sebuah mushala dan menyuruhnya shalat.
Apakah Felisya akan bertaubat? lalu, apa tindakan Raziv saat mengetahui bahwa Felisya adalah sahabat kecil yang sangat ia cintai? Melalui catatan kecil yang menggetarkan, Felisya menuturkan perjalanan hidupnya yang bertabu luka.


 5.      Kelebihan Novel
Isi Novel sangat menarik karena mencritakan kisah yang realistis sehingga dapat menghipnotis pembacanya


 6.      Kelemahan Novel
Novel ini saharusnya ada batasan umur bagi pembacanya, karena isi novel ini menceritakan tentang kehidupan malam.


 7.      Gaya Bahasa
Bahasa yang digunakan adalah campuran istilah bahasa-bahasa jawa dan sedikit bahasa asing.


 8.      Kutipan
“Sudahlah trisya, biarkan tubuhmu menjadi santapan kedua manusia itu apasih susahnya bagi dirimumu? Kamu tidak ingat, sudah dari SMP kamu sering membagikan tubuhmu untuk teman-teman sekelasmu, bahkan orang yang tidak kamu kenal? Semua demi kebutuhan yang tiba-tiba tak terkendali, kamu lupa? Sejak itu kamu telah benar-benar memasuki dunia hitammu. Menjebak dirimu dalam kegelapan.
Trisya ... Trisya, jangan pernah berharap tuhan akan menerima taubatmu!”

“Apakah engkau mendengar? Apakah engkau mengerti suara rintihan kerinduan hati ini? Saat aku merindukan semua tentangmu, tentang bening biru bola matamu, lirih lembut suaramu, canda tawamu . tentang semua yang ada dalam dirimu semoga engkau akan merasakan hal yang sama.”


 9.      Tokoh-tokoh
A.    Felisya
Seorang wanita yang awalnya sangat taat kepada agama, selalu berkerudung namun karena ia dijebak oleh tantenya sifatnya pun berubah 180 derajat, namun pada akhirnya dia kembali menjadi wanita yang taat agama.

B.     Jasir lana
Orang yang mencintai Felisya dengan tulus. Sangat setia,taat pada agama dan teguh pendirian.

C.     Raziv
Suami Felisya yang selalu sabar dan terus mencari keberadaan Felisya yang ia cintai.

D.    Tante Mira
Orang yang menjerumuskan Felisya ke Dunia malam, yang dipikirkannya hanya uang saja.

E.     Salwa
Taat beragama, sangat bersahaja, baik hati, dan sangat menyangi keluarganya.

0 komentar: