Rabu, Februari 15, 2012

2 untukku



2 UNTUKKU


cinta itu anugrah yang tak mungkin mudah tuk melepas kanya,walau………………………!”suara nada dering kembali menggema di telingaku,ku ambil hpku yang tergeletak kesepian,sama seperti keadaanku saat ini.
“tut…………!”baru ingin kupencet tombol jawab ,manusia pengganggu di seberang sana lebih dulu memutuskan sambungan.
“kurang ajar.!”umpatku kesal seraya meletakan kembali hp ke meja.kutatap rekat-rekat nilai-nilai rapotku yang sempat membuat aku bermain dalam dunia imajinasiku.aku ingat,saat aku sekolah dasar ,kelas 1,2,dan3,aku sama sekali belum pernah mengukir nilai dirapot merahku,alias tidak juara,maklum dipikiranku hanya ada satu hal yang tidak baik untuk dicontoh”buat apa juara yang penting kan naik kelas.!”itulah kata-kata yang selalu ku ingat untuk menjawab pertanyaan ibu saat menyuruh aku belajar agar juara kelas.
Tapi ada satu hal yang membuatku aneh ,kenapa saat aku kelas 4,aku bisa mengukir angka 2 dirapot?dan Karena apa?.
“apa mungkin karena doa kedua orang tuaku,ah!itu sudah pasti.!orang tuaku tentu mendoakan aku agar berhasil,pasti ada factor lain yang membuat aku berhasil mengukir angka2?”gumamku.kembali kutatap rapot S.D ku
,mencoba tuk mengingat memori masa kecilku yang mulai terpendam dalam tumpukan-tumpukan memori lain yang hampir memenuhi ruang pikiranku.
Perlahan-lahan memori masa kecilku seperti hadir kembali,aku ingat sesuatu yang telah menbuatku berubah jauh lebih mengerti akan arti kehidupan yang sejati yaitu kehidupan yang terbaik.
“cinta.!”lima huruf yang telah membuat aku berubah,tapi sayang,dulu aku sama sekali belum mengerti apa itu cinta,bahkan”cinta”adalah sesuatu yang asing di kehidupan kecilku,yang aku tau bahwa aku sangat menyayangi seorang gadis kecil dan aku selalu bahagia bila disampingnya,walaupun aku harus dimarahi guru matematikaku saat aku lupa mengerjakn PR gara-gara terus melamun memikirkanya.
Dia gadis yang cerdas dan cantik ,tapi bukan hal itu yang membuat ku sangat menyayanginya,ada sisi lain dari gadis itu yang membuat aku tertarik,aku tak tau apa itu,tapi yang pasti sesuatu yang memaksa aku untuk lebih mengenalnya.
Hari-haripun aku lalui untuk mencari perhatianya,agar aku lebih bisa mengenalnya.,sayang!ada suatu hal yang membuat aku minder apalagi dengan kualitas otakku yang standar.dia gadis yang terlalu cerdas aku merasa tidak pantas untuk jadi temanya.”apa aku bisa menjadi temanya?apa aku harus berubah menjadi lebih cerdas dibanding dia agar aku bisa mendekatinya?atau jangan-jangan dia malah akan menjauh dariku karna aku lebih pintar dibanding dia?”beribu pertanyaan berputar-putar di benakku.sejenak aku berfikir,akhirnya kuputuskan bahwa aku akan mengalahkanya agar ku bisa mencari perhatianya dan yang pasti lebih dekat dengan dirinya.
Sejak hari itu,kuisi hari-hariku bersama buku-buku yang biasa ku buka satu tahun sebanyak 3 kali ku buka,atau lebih tepatnya saat caturwulan saja.aku berusaha mati-matian untuk mengalahkanya,bahkan tubuh ku sering over gara-gara terlalu banyak belajar dan kurang tidur,sampai akhirnya waktu yang aku tunggu tiba yaitu saat caturwulan

Saat ujian,akupun memasuki kelas,sesekali kulirik gadis cantik yang selalu mengganggu hari-hariku.”ya allah!alangkah sempurnanya ciptaanMU!”.pujiku dalm hati.
“teng…teng………teng………………!”bel berbunyi tiga kali tanda soal akan di bagikan. .aku pun bersiap-siap
“ini soal kamu!”ujar penjaga ramah.”kerjakan yang benar ya!”lanjutnya,akupun tersenyum simpul,entah kenapa firasatku mengatakan bahwa hari ini hari baiku.setelah berdoa ku buka lembaran-demi lembaran soal mtk sambil sesekali ku lirik gadis cantik yang aku sayangi yang kebetulan duduk tidak jauh dari tempat dudukku.
Setengah jam lebih berlalu,soal telah selesai ku kerjakan aku pun kembali mengoreksi soalku,baru lima soal ku koreksi ,gadis yang ku sayangi telah mengumpulkan soal.tak mau kalah akupun berniat maju untuk mengumpulkan soal.
“baiklah aku kumpulkan!”bisikku semangat.aku pun melangkah santai menghampiri gadis yang aku sayangi,entah kenapa hatiku berdebar hebat,darahku naik turun,nafasku tak teratur,aku sama sekali tak menyangka efek rasa cintaku terlalu besar.
“alhamdulillah!”ujarku lega saat getaran hebat telah mampu aku control.
“rich……….richa!ajarin donk!”ujar salah satu temanku memanggil gadis yang aku sayang.dia hanya tersenyum membalas suara tadi.
“oh !ternyata namanya richa!”gumamku girang.aku pun tersenyum senang.kembali kutatap wajah ayu yang hampir hilang di balik pintu sambil terus melangkah keluar

2 minggu kemudian ulangan telah selesai .saat penggumuman sang juara pun tiba. hatiku berdebar saat wali kelasku memasuki ruangan sambil membawa tumpukan buku bersampul merah yang tak lain adalah rapot,tapi betapa sedihnya aku saat namaku tak disebut sebagai juara,ingin rasanya aku menangis dan berteriak””AKU BODOH!””lalu kuhantamkan kepalaku diatas tumpukan-tumpukan buku yang selama ini kupelajari.
“apakah aku terlalu bodoh untuk mengalahkanya?atau ini memang takdir!”teriakku penuh penyesalan.akupun pulang dengan sedih.

“him juara berapa?”Tanya abangku saat aku baru memasuki rumah.ingin rasanya kujawab seperti dulu”buat apa juara ,yang pentingkan naik kelas!”.tapi niatku kuurungkan.kuusap mataku yang mulai ingin meneteskan air mata.
“aku gak juara!mungkin emang udah takdir,tapi aku gk akan menyerah sampai disini!”ujarku sok bijak.itulah pertama kalinya aku mengalami kegagalan yang sangat berarti,kegagalan yang membuat aku berusaha lebih keras lagi ,kegagalan yang selama ini aku tunggu.
“aku harus bisa!”teriakku sambil meletakkan sepatu


3 bulan berlalu ,cawu 2 pun datang.semua usaha telah aku kerahkan ,tapi sayang lagi-lagi kegagalan menjemputku.tapi dibalik kegagalanku,aku masih bisa meraih 4 besar dalam kelas ,tentu hal itu membuat ku bersyukur ditambah .aku lebih dekat dengan richa atau lebih tepatnya sang pujaan hatiku.usahaku tak cukup sampai disitu .waktu bermain,ku ubah menjadi jadwal belajar.sampai saat kenaikan kelas pun tiba.sesuatu yang besar terajadi,aku berhasil mengalahkn richa,ya!walaupun hanya sebagai juara dua ,karena juara satu berhasil diraih imam supandi anak pindahan dari jatim.
Di balik kebahagiaanku ada sesuatu yang belum aku sadari.ada seseorang yang sedang menangis sedih atau lebih tepatnya sang pujaan hatiku .tak kusangka tangisan richa membuat aku ketakutan,aku takut karna aku dia menangis.rasa bersalah pun menyelimutiku ingin rasanya kudekati dia dan kutenangkan dia,tapi sayang! aku sama sekali tidak memiliki keberanian,aku terlalu lemah bila di hadapanya.


Libur panjang pun dimulai,kuisi hari-hariku dengan suka ria,memancing dengan teman-teman,sepak bola,nonton tv.dan banyak lagi aktivitas yang seru abiz.baru 3 hari aku libur,tiba-tiba rasa rinduku pada richa kembali menyiksaku,padahal libur masih 26 hari lagi,ingin rasanya aku ketemu dia,sesekali aku kesekolah ,berharap dia ada di sana,tapi nihil semua hanya angan-angan belaka.

Setelah libur genap 29 hari,aku berangkat sekolah paling awal,dengan tujuan agar aku bisa mendapatkan bangku paling depan dan bisa cepat-cepat bertemu sang pujaan hatiku.
,satu-persatu siswa-siswi kelas 5 yang baru masuk kuamati satu persatu,tapi nihil ,bahkan sampai Bel masuk berbunyi dia sama sekali belum terlihat wajah ayunya.karena semakin hebatya rasa dihati aku nekat menemui guruku untuk menanyakan tentang richa.
“pak!richa kok gak ada ya ! !kemana..?”
“richa ya !dia udah pindah sekolah ,emang kamu belum tau?”sebuah jawaban yang membuat hatiku terasa pedih dan pilu,entah kenapa seketika itu badanku menggigil,aku terjatuh saat akan memasuki kelas,badanku panas sekali,kepalaku berputar-putar,bumi serasa membenciku karna aku telah menyebabkan gadis sebaik richa telah terluka dan pergi.
7 hari aku demam tinggi,aku terlarut larut dalam kepedihan ,kadang aku berfikir kenapa dia tega meninggalkan aku tanpa suatu kenangan yang bermakna,hanya sekelibat senyum manisnya yang sering hadir dalam mimpiku.
Sejak kepergiaan richa.hari-hariku begitu sepi,aku merasa bukan lagi fahim tanpa dia,aku hanya seorang pecundang atau hanya manusia buta yang kehilangan tongkat ditanganya.sampai akhirnya aku berhasil melewati masa S.D ku dengan sukses.aku berhasil meraih juara 1,walau kadang-kadang aku kalah dan menjadi juara 2 selama ku kelas 5-6 ,tapi setiap aku juara ,di hati kecilku selalu menyalahkan angka yng tertera di rapotku.hatiku kecilku benar-benar benci dengan angka 2.tapi ada angka 2 yang sangat special bagiku.”2 FEBUARI 1992”itulah angka terindah bagiku.itulah angka dimana pujaan hatiku terlahir di bumi.dan aku akan terus belajar dan berdoa semoga suatu saat nanti ku bisa bersamanya dan menjaga dia untuk selamanya………………I MISS YOU FOREVER........!?

By: Muhammad ardiansha.
Email:ians2210@yahoo.co.id
No hp:085 859 331 860
Ponpes. Darussalam, blok agung, karang doro, tegal sari, banyuwangi, jawa timur

0 komentar: