Minggu, Februari 12, 2012

Manfaat Ilmu Kimia di Dalam Kehidupan




Kehidupan adalah sesuatu yang terus mengalami perkembangan dan terus berkembang, dan dibalik perkembangan yang semakin pesan itulah manusia dituntut untuk terus ber-evolusi menjadi lebih baik dari sebelumnya dalam segala hal, baik di bidang  industri, ekonomi, politik serta di bidang ilmu pengetahuan.
Dalam hal ilmu pengetahuan misalnya, manusia tidak akan pernah bisa lepas dari salah satu cabang ilmu pengetahuan  yang mempelajari tentang kehidupan,  yaitu ilmu kimia. Yang dimana dengan ilmu kimia seorang manusia bisa memahami banyak hal disekitar mereka, baik hal itu bermanfaat untuk kehidupan mereka, atau justru hal tersebut akan membahayakan kehidupan mereka.
 Setiap orang memiliki pandangan tersendiri tentang kehadiran ilmu kimia dan manfaatnya bagi kehidupan. Ada yang berpandangan negatif, dan ada pula yang menerima kehadirannya. Mereka yang berpandangan negatif adalah orang-orang yang belum mengerti betapa manfaat ilmu kimia sangat dibutuhkan bagi kehidupan, kurangnya ilmu pengetahuanlah yang menyebabkan semua pandangan negatif ini terjadi.
Mereka menganggap bahwa hal yang berkaitan dengan kimia adalah zat-zat berbahaya yang mengandung racun, ditambah lagi kesan dominan negatif yang timbul dimasyarakat di banding dengan kesan tentang manfaat kimia, sehingga manfaat ilmu kimia tersamarkan, dan kesan negatif ini timbul akibat penyalahgunaan ilmu kimia, atau kesalahan penanganan dalam penerapan ilmu kimia.
Tapi tidak semua manusia harus berpandangan negatif tentang ilmu kimia, kita semua tahu bahwasanya dengan ilmu kimia, seorang manusia akan bisa memahami zat apa saja yang terdapat di dalam tubuh, sehingga mereka bisa menentukan apa yang diperlukan tubuh, dan dengan pengetahuan itu manusia bisa menjaga kesehatan mereka, dengan memenuhi kebutuhan zat dalam tubuh mereka misal Makanan berasal dari tumbuh tumbuhan. yang ber-assimilasi dengan proses kimia. Tubuh kita membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, yang keseluruhannya merupakan proses kimia sehingga dapat menghasilkan gas karbondioksida, air dan energi.
Selain itu Dalam kehidupan ini, kita membutuhkan sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastik, obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, alat-alat rumah tangga, bahkan berbagai jenis makanan olahan, yang semuanya merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia. Dan bisa dipastikan Hampir semua bahan keperluan kita, sedikit banyak, baik langsung atau tidak langsung mengalami sentuhan kimia
Contoh lain manfaat ilmu kimia di bidang industri, khususnya industri pertambangan. Di bidang pertambangan, peranan ilmu kimia tentu sangat diperlukan, tidak bisa tidak. Di bidang pertambangan ini, dengan ilmu kimialah mereka para penampang bisa memisah antara jenis bahan-bahan tambang satu dan lainnya, dan dengan ilmu kimia juga mereka bisa menemukan dimana area pertambangan dan bahan tambang apa yang terdapat di dalam tanah tersebut, karena dengan ilmu kimia manusia bisa mempelajari tidak hanya tentang apa yang terdapat dalam diri manusia, tetapi juga tentang lingkungan, tanah, air, dan juga udara. Misalnya oksigen yang terdapat di dalam tubuh digunakan untuk pembakaran, karbon dioksida yang bisa digunakan untuk memadamkan api serta untuk proses fotosintesis, nitrogen, dan juga berbagai gas alam yang terdapat di udara serta proses-proses dari gas alam itu terjadi.
Pada dasarnya ilmu kimia adalah salah satu ilmu yang tidak bisa diremehkan kehadirannya di dalam kehidupan, karena kita semua tahu, bahwasanya peranan ilmu kimia sangatlah penting di dalam kehidupan, baik peranan yang terdapat di dalam tubuh manusia itu sendiri, serta peranan ilmu kimia di lingkungan sekitar, sehingga dengan mempelajari ilmu kimia, itu sama artinya kita mempelajari tentang arti kehidupan, karena ilmu kimia adalah bagian dari kehidupan itu sendiri, jadi ilmu kimia sudah tidak diragukan lagi, betapa ilmu kimia sangatlah bermanfaat dan dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. [ ]

Disusun Oleh : Muhammad Ardi Ansha Santri PonPes Darussalam Blokagung

0 komentar: